Rabu, 28 April 2010

OSTEOPOROSIS


APA ITU OSTEOPOROSIS ?
Osteoporosis disebut juga tulang keropos.
Tulang kita terdiri dari bagian luar yang kuat dan bagian dalam yang mengandung kolagen (protein), kalsium, dan mineral lainnya yang tersusun seperti sarang tawon. Osteoporosis adalah turunnya masa tulang disertai dengan meningkatnya resiko patah tulang. Osteoporosis dapat mengenai semua tulang tetapi yang tersering adalah tulang – tulang pergelangan tangan, tulang belakang dan tulang panggul.

BAGAIMANA TERJADINYA OSTEOPOROSIS ?
Tulang selalu berubah. Tulang yang tua dirusak oleh osteoklas dan diikuti pembentukan tulang baru oleh osteoblas. Massa tulang puncak atau keadaan dimana tercapainya kepadatan secara maksimal di akhir kematangan tulang. Dicapai pada usia 20-an akhir atau awal 30-an, setelah itu secara bertahap massa tulang berkurang oleh karena proses perusakan tulang tidak diimbangi dengan proses pembentukan tulang sehingga wanita mempunyai resiko lebih besar terkena osteoporosis daripada pria, berkaitan dengan menurunnya hormon estrogen beberapa tahun sebelum menopause, yang menyebabkan penurunan massa tulang yang cepat. Selain itu osteoporosis juga disebabkan kurangnya hormon testosterone pada pria.

DAPATKAH OSTEOPOROSIS DICEGAH ?
Panjang dan kekuatan tulang anda dipengaruhi oleh faktor genetik dan gaya hidup anda. Selama masa kanak – kanak, remaja, dan dewasa muda (sampai pertengahan usia 20-an) saat masa tulang puncak, sangat penting untuk memaksimalkan massa tulang dalam mempersiapkan proses penurunan massa tulang usia lanjut. Tetapi walaupun anda telah berusia 30-an, atau lebih masih banyak yang dapat anda lakukan untuk mempertahankan kesehatan tulang anda.

APAKAH SAYA MEMPUNYAI RESIKO MENDERITA OSTEOPOROSIS ?
Jika anda mempunyai satu atau lebih dari faktor resiko di atas, anda beresiko menderita osteoporosis. Anda perlu berkonsultasi pada dokter anda dan mencari cara pencegahan dan penanganannya.

APAKAH SAYA MENDERITA OSTEOPOROSIS ?
Anda mungkin kurang waspada dengan kesehatan tulang anda karena anda tidak dapat merasakan atau melihat tulang anda semakin menipis. Tanda – tanda osteoporosis perubahan tinggi badan, terjadinya patah tulang di pergelangan tangan, tulang belakang atau panggul setelah terjatuh atau trauma yang ringan.

DAPATKAH OSTEOPOROSIS DIOBATI ?
Terapi yang diberikan untuk anda yang menderita osteoporosis tergantung umur, jenis kelamin, riwayat medik, ada tidaknya & dimana letak patah tulang. Hilangnya massa tulang memang tak dapat digantikan, tetapi dokter anda akan memberi terapi untuk mempertahankan kekuatan tulang & mencegah hilangnya massa tulang dengan cepat dan mencegah terjadinya patah tulang.
• Terapi hormon
• Obat Bisphophonat
• Asupan kalsium & vitamin D
• Kalsitriol
• Kalsitonin
• Diet, latihan & gaya hidup

0 comments:

Posting Komentar